Selasa, 27 Maret 2012


Dasar dasar bermain tenis lapangan
Teknik Pukulan Tenis Forehand 
Forehand, pukulan yang paling dasar dan paling mudah diajarkan dalam tennis. Forehand sendiriadalah pukulan yang ayunannya dari belakang badan menuju depan dan bagian depan raket atautelapak tangan kita berhadapan dengan bola.Saya akan coba jabarkan gerakan dasar dari forehand klasik yang mudah untuk dipelajari bagi pemula. Bagi anda yang masih pemula, anda dapat menggunakan grip continental atau easterndalam memegang raket tenis dan stance yang digunakan adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net. Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan pergerakan dalam pukulan forehand klasik.
y
 
G
erakan dimulai dari pergerakan badan menuju arah bola dan kita telah menentukantepatnya zona bola akan dipukul. Zona yang baik untuk memukul tenis dengan gripcontinental. (
G
ambar 1). atau eastern adalah pada daerah di depan badan anda, di daerahsekitar bawah perut.
 
y
 
emudian raket anda ayunkan ke belakang bersamaan dengan rotasi bahu tangan andayang tidak memegang raket ke depan.
aki kiri maju ke depan dan badan tegak lurusterhadap garis baseline atau net untuk melakukan closed stance (
G
ambar 2 dan 3).
y
 
etika bola telah masuk pada zona pukulan yang anda kehendaki, raket anda ayunkan kedepan menuju titik kontak antara bola dengan raket (
G
ambar 4).
y
 
aket kontak dengan bola tenis dan usahakan bola harus berada pada sweetspot dari raketuntuk kesempurnaan dari pukulan tersebut (
G
ambar 5).
y
 
Setelah terjadi kontak maka kita melakukan followthrough dengan cara raket tetapdiayunkan hingga melintasi badan kita ke arah kira-kira jam 11 (
G
ambar 6).
G
erakan forehand berikutnya merupakan pukulan forehand yang digunakan oleh pemain-pemainmodern jaman sekarang dimana perbedaan dengan cara klasik seperti di atas terletak pada pemilihan grip, stance, dan followthrough.
G
rip yang umumnya dipakai oleh petenis modernadalah semi-western atau full-western sehingga pukulan utama dari pemain saat ini kebanyakanadalah topspin.
emudian stance yang digunakan adalah open stance dimana pemain bersiapmemukul bola dengan posisi badan paralel terhadap garis baseline atau menghadap net. Mari kitalihat bagaimana pukulan forehand yang sekarang umumnya dilakukan.
memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, saat ini pukulan backhand dua tangan lebih banyak dipakai oleh pemain pro karena efektivitasnya. Saya akan coba membahas kedua teknik pukulanini satu per satu.1. Backhand satu tanganTerdapat beberapa keuntungan dalam memakai backhand satu tangan. Pertama, andamemperoleh keuntungan dari jangkauannya yang panjang sehingga bola-bola yang melebar dapat ditangani dengan lebih mudah.
edua, lebih mudah untuk melakukan voli dari grip satutangan dan umumnya pemain yang memiliki backhand satu tangan lebih jago dalam memukulvoli daripada pemain yang memiliki backhand dua tangan. Terdapat 2 jenis grip yang dapat anda pakai dalam melakukan backhand dua tangan, yaitu eastern dan full-eastern (western) grip. Andadapat melihat detilnya di sini.Tahap-tahap gerakan backhand satu tangan adalah sbb:Dari posisi bersiap, anda bergerak ke arah bola datang dan telah menentukan zona pukulan sertagrip yang akan anda pakai. Zona pukulan untuk pukulan backhand satu tangan yang baik adalahagak di depan badan anda.
aket diayunkan ke belakang beserta bahu dan punggung anda. Stance yang dipakai dalam backhand satu tangan umumnya adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadapnet atau garis baseline.
aket diayunkan ke depan menuju titik kontak dengan bola dan usahakan kontak berada pada
 
sweetspot dari raket. Ingat, titik kontak sebaiknya berada agak di depan badan dan bukan disamping.
emudian ayunan diteruskan untuk melakukan tahap followthrough kira-kira ke arah jam 2 badan anda.2. Backhand dua tanganBackhand ini merupakan yang paling populer digunakan oleh pemain tenis saat ini.
euntungandari grip ini adalah ayunannya yang efisien dan tenaga ekstra yang dihasilkannya karenamenggunakan dua tangan. Namun, kekurangannya terutama dalam menghadapi bola-bola yangmelebar dikarenakan tumpuan ayunan yang menggunakan 2 bahu.
G
rip yang dipakai dalammelakukan pukulan ini adalah tangan kanan berada pada ujung gagang raket dengan gripcontinental dan tangan kiri berada di atasnya dengan grip semi-western. Untuk selengkapnyadapat anda baca di sini. Tahapan untuk melakukan backhand dua tangan adalah sbb:Dari posisi bersiap, anda bergerak ke arah bola datang dan telah menentukan zona pukulan sertagrip yang akan anda pakai. Zona pukulan untuk pukulan backhand dua tangan yang baik adalahdi samping badan anda di sekitar daerah pinggang.
 
 
aket diayunkan ke belakang pada posisi kira-kira sejajar pinggang anda. Stance yang dipakaidalam backhand dua tangan umumnya closed stance, namun dapat pula dilakukan dengan openstance.
aket diayunkan ke depan menuju titik kontak dengan bola dan usahakan kontak berada padasweetspot dari raket. Dalam ayunan ke depan ini, tangan kiri memegang peran yang dominansedangkan tangan kanan sebagai penyeimbang dan pengarah bola.
 
 
emudian ayunan diteruskan ke samping badan anda hingga raket ke arah punggung untuk melakukan tahap followthrough.Bagi pemula yang mungkin pernah bermain bulutangkis atau tenis meja, cenderung agak janggalketika berlatih tenis terutama untuk pukulan backhand dua tangan karena pukulan inimenggunakan tangan yang non dominan sebagai utamanya sedangkan tangan dominan sebagai penyeimbang dan pengarah bola. Untuk melatihnya anda bisa mencoba berlatih memukulforehand memakai tangan non-dominan anda. Apabila anda telah dapat memukul dengan baik dan konsisten, barulah mencoba untuk memukul dengan 2 tangan.
 
y
 
G
ambar ini diambil dari gerakan forehand Andy
oddick yang dimulai dari ayunan raketke belakang (
G
ambar 1). Anda dapat melihat stance yang dipakai Andy
oddick adalahopen stance dimana kaki kanan yang lebih dulu maju ke depan dan posisi badan paralelatau menghadap net.
y
 
G
ambar 2 dan 3 raket mulai diayunkan ke depan menuju titik kontak bola dengan raket.
y
 
aket sampai pada titik kontak dengan bola pada daerah sweetspot kepala raket (
G
ambar 4).
y
 
Setelah titik kontak bola dengan raket maka dilanjutkan dengan followthrough dimanaraket diteruskan ke samping badan dengan gerakan seperti whiper mobil atau dinamakan³whiper whip´ (
G
ambar 5 dan 6).Jadi untuk pemain pemula saya sarankan mempelajari pukulan forehand dengan gerakan yangsederhana terlebih dahulu dengan ayunan yang klasik dan memakai grip continental atau eastern.Apabila anda telah dapat menguasai pukulan ini dengan baik dan dapat memukul bola melewatinet dengan konsisten, maka anda dapat bereksperimen dengan mencoba grip lain seperti semi-western atau western. Umumnya seiring dengan perkembangan pukulan, maka footwork anda juga semakin baik dan anda bisa menyesuaikan footwork yang digunakan apabila ingin mencobamemukul dengan grip lain.Satu contoh lagi berikut ini adalah pukulan forehand Federer yang memakai grip semi-western.Anda dapat meniru gerakannya sebagai contoh pukulan forehand modern yang sempurna.
Teknik Pukulan Tenis Backhand
i Saya sering menyebut grip ini sebagai µpegangan wajan¶ karena cara memegang raket ini sepertisaat kita memegang gagang wajan atau panci masakan. Caranya adalah anda menempatkan posisi pangkal telunjuk pada sisi bawah dari gagang raket. Atau anda dapat memulai dari posisisemi-western kemudian bergeser satu sudut ke sisi bawah gagang raket.
G
rip ini sangat baik digunakan bagi pemain yang ingin memukul bola dengan top spin yangekstrim. Arah bola dari hasil pukulan ini dapat melambung di atas net dan turun menurut garis parabolik yang ekstrim.
G
rip ini juga sangat nyaman digunakan untuk mengantisipasi bola-bolatinggi yang biasanya terjadi di lapangan tanah liat. Akan tetapi, minus dari grip jenis ini adalahtidak bisa dipakai untuk melakukan pukulan flat serta slice dan juga sangat sulit untuk mengantisipasi bola-bola slice yang jatuh rendah di lapangan cepat seperti rumput (grass) atausemen (hard court).Pemain pro yang mengadopsi jenis grip ini umumnya merupakan pemain spesialis tanah liatseperti
afael Nadal, Carlos Moya atau sebelumnya adalah Sergi Bruguera.Backhand, Pukulan dasar kedua dalam bermain tennis. Backhand adalah pukulan yang diayundari seberang badan menuju depan atau menggunakan bagian belakang dari raket untuk memukul bola dan telapak tangan anda membelakangi bola.Saat ini terdapat dua jenis pukulan backhand yang populer digunakan, yaitu: backhandmenggunakan satu tangan dan backhand menggunakan dua tangan. Masing-masing pukulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar