Selasa, 27 Maret 2012

Cara Bermain Tenis


Cara Bermain Tenis


Cara bermain tenis tentunya tidak bisa lepas dari teknik dasar yang digunakan dalam tenis. Dan sebelum belajar lebih lanjut tentang cara bermain tenis, mulailah memilih raket yang sesuai dengan kita.
Sebagai pemula sebaiknya kita memilih raket yang tidak begitu berat seperti raket jenis oversize. Sehingga resiko terjadinya cidera pun bisa kita minimalkan.
Setelah mendapatkan raket yang cocok, pelajaran selanjutnya tentang cara bermain tenis adalah mempelajari tentang teknik dasar bermain tenis.
Cara Bermain Tenis
Teknik bermain tenis meliputi tentang bagaimana memegang raket atau grip untuk melakukan berbagai tembakan atau servis.
Cara memegang raket pada permainan tenis tidaklah sama dengan badminton. Pada badminton kita biasanya memegang raket tepat di tengah – tengah gagang.
Sedangkan pada permainan tenis kita sebaiknya memegang raket di ujung gagang raket. Dengan cara memegang raket seperti ini, kestabilan raket akan terjaga dan ayunan lengan akan terasa lebih mantap.
Ada beberapa teknik grip (pegangan raket) pada tenis, yaitu ,
  • Forehand Continental grip : pegangan raket yang selalu digunakan oleh petenis jaman dulu sperti Stefan Edberg dan John McEnroe, dan cocok diaplikasikan pada permainan yang berlangsung di lapangan rumput
  • Forehand Eastern grip : pegangan raket yang menyerupai posisiketika ber jabat tangan. Teknik ini merupakan teknik paling mudah untuk dilakukan pemain pemula
  • Forehand Semi – Western grip: teknik yang paling banyak dilakukan oleh petenis modern seperti Roger Federer. Ketika menggunakan teknik ini kesempatan bola yang kita pukul akan melewati lapangan lebih besar.
  • Forehand Western grip : teknik pegangan yang mirip dengan posisi tangan ketika memegang wajan. Teknik ini biasanya dikuasai dengan baik oleh pemain yang ahli ketika bermain di lapangan tanah liat.
Setelah mengerti teknik – teknik memegang raket yang baik, pelajaran cara bermain tenis selanjutnya adalah dengan banyak video atau pertandingan tenis.
Juga video yang memuat tentang cara bermain tenis bagi pemula. Bagaimana cara memegang raket dan melakukan pukulan pad tenis.
Setelah sudah mengerti bagaimana cara memegang tenis dan melakukan pukulan pada permainan tenis. Langkah selanjutnya adalah dengan banyak berlatih cara bermain tenis yang benar.
Lakukanlah latihan dengan pelatih atau orang yang benar – benar mengerti cara bermain tenis yang baik. (nn)

4 komentar:

  1. ingin dvd / video olahraga (tenis lapangan, sepak bola, bola basket, tenis meja, renang, bulutangkis, dll) terlengkap? kunjungi saja situs DVDolahraga.com

    BalasHapus
  2. mantap,
    ini bro klo ada waktu kunjungi blog gue. khusus tentang tenis
    all about tennis ilmu-sport.blogspot.com
    thanks bro

    BalasHapus
  3. oh iya kunjungi ini juga ya latihan tenis dengan bola bertali
    di
    http://jasapembukuanukm.blogspot.com/2014/11/latihan-tenis-dengan-bola-bertali.html

    BalasHapus